January 29, 2013

Apa Yang Terjadi Ketika Kita Marah

Apa Yang Terjadi  Ketika Kita Marah

Marah, adalah salah satu dari 6 sikap emosi yang secara universal dialami oleh manusia. Emosi adalah merupakan respon fisik yang secara tidak sadar yang paling banyak dirasakan oleh manusia melalui rangsangan. Sementara kita menggunakan lapisan saraf didalam otak untuk berpikir dan mengambil keputusan, sedangkan marah  lebih dikendalikan oleh limbic system (saluran limpa yang berhubungan dengan perintah proses pencernaan diotak) yang sekelompok struktur yang terkubur dibawah dalam otak yang dikenal dengan daerah primitif. Sebuah jaringan yang canggih dari urat saraf yang mengendalikan naluri (instinct) dan memberikan perintah emosi yang berupa ketakutan dan rasa marah.
Berikut gambar dari limbic System

Kita marah biasanya merupakan naluri untuk melindungi diri dari bahaya atau sesuatu mengancam diri kita, entah melindungi terhadap apa yang menjadi milik kita atau sesuatu yang kita sayangi. Didalam limbic system terdapat amygdala adalah merupakan struktur yang menyimpan kenangan yang bersifat emosional. Rasa Marah adalah juga bentuk primitif dari perlindungan diri dan bagian dari limbic system yang menyuruh naluri kita merespon tindakan seperti melawan atau sebaliknya memicu ketakutan. Ketika terjadi rangsangan terhadap amydala, maka aliran hormon akan diproduksi secara otomatis untuk memberi perintah kepada tubuh untuk bersiap mengambil tindakan.

Karena marah lebih dikendalikan oleh pusat emosi dari otak, seseorang yang marah dapat secara temporer kehilangan kendali atas tindakannya juga terhadap perkataannya. Hal inilah yang sering dikatakan orang dengan istilah  'kalap' ketika seseorang benar-benar sudah sangat marah. Kita mengekpresikan rasa marah dalam berbagai bentuk antara lain ekspresi muka, nada bicara yang meninggi dan beberapa tindakan yang berupa perilaku agresif. (diterjemahkan dari Amazing Answers to Curious Questions)

0 comments:

The Journey

The Journey = sebuah perjalanan. Pada hakekatnya manusia selama ia hidup ia akan terus melakukan perjalanan, yang dalam hal ini diartikan adalah perluasan pengetahuan. Setiap pengetahuan ia dapatkan dalam perjalanan hidupnya akan memperkaya keluasan manusia tersebut dalam mengembangkan potensi dirinya yang kelak akan berguna baik bagi dirinya sendiri maupun orang. Blog ini mencoba memberikan alternatif untuk menjadi bagian untuk menambah pengetahuan bagi siapapun yang terus berusaha mencari pengetahuan disepanjang perjalanan hidupnya.

Update News

  © ugik thanks to for amazing template ProBlogger Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP